• ++62 812 3739 4909
  • toni@tokokorden.com

Wallpaper

Jenis dan Bahan Wallpaper

Jenis dan Bahan Wallpaper

Berikut ini kami akan memberikan beberapa jenis bahan wallpaper, sifat bahan dan juga tempat untuk yang baik dimana wallpaper ini dipasang.

Paper

Jenis bahan wallpaper ini merupakan jenis pertama kali ditemukan, bahanya terbuat dari kertas 100% karena terbuat dari kertas sepenuhnya , maka wallpaper jenis ini mudah sobek, terutama pada saat pemasangan. Wallpaper jenis ini biasa ini mudah kotor dan cepat rusak saat dibersihkan. Penggunaannya paling tepat untuk ruang dengan aktivitas rendah, seperti kamar tidur. Sementara kelebihan jenis ini, pada kualitas detail serta variasi motif.

Heavy duty paper

Wallpaper jenis ini memiliki sifat kuat, dan juga tebal. Wallpaper ini memiliki lapisan linen pada bagian belakang, serta ada yang terbuat dari dari campuran bubur kayu dan katun. Wallpaper jenis ini dikembangkan sejak abad XIX dengan nama Lincrusta dan Anaglypta. Pada saat ini, Anaglypta masih diproduksi. Dengan karakteristik tebal dan kuat wallpaper jenis ini dapat diberi  motif timbul (emboss) dan merupakan wallpaper pertama yang bisa dicuci. Kelebihan lain dari wallpaper jenis Heavy duty paper adalah  bisa dicat sehingga Anda tak perlu ganti wallpaper baru.

Fiberglass weaves

Dari namanya Anda pasti bisa menebak bahwa wallpaper ini terbuat dari Fiberglass. Anda benar, jenis wallpaper fiberglass weave tervuat dari serat fiberglas yang ditenun atau dianyam sehingga menjadi lembar wallpaper sepertipada umumnya. Kelebihan jenis wallpaper ini tahan api, tidak membusuk atau berjamur, serta tahan lama. Karena keistimewaan tersebut, wallpaper ini sesuai diaplikasikan di area lembab, seperti kamar mandi dan dapur.

Vinyl paper

Wallpaper jenis ini adalah wallpaper yang paling umum dipakai dalam pelapisan wallpaper dalam rumah. Hampir semua ruangan dapat menggunakan wallpaper jenis ini .Selain untuk ruang tamu, kamar tidur, ruang kerja dan ruang makan, bahan ini aman untuk kamar mandi dan dapur. Jenis ini tidak mudah rusak, tidak mudah lembab atau dengan kata lain keawetannya bisa diandalkan.Dengan kelebihan itu maka sudah sewajarnya kalau jenis ini banyak digunakan orang.

Textile paper

Seperti tekstil atau kain, wallpaper dalam kategori ini memiliki jangkauan warna, motif, tekstur dan jenis bahan yang sangat banyak, antara lain katun, linen, tenunan bahan sintetik, sutra, bahkan kain goni dan serat alam. Untuk textile paper dari kain yang sangat halus, pemasangannya perlu dialasi kertas alas khusus dan sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli yang berpengalaman.

Flock

Jenis wallpaper ini tersedia dalam dua pilihan, yaitu flocked on paper dan flocked on textile. Bagian yang disebut flock terbuat dari serat wol, yang bisa menimbulkan efek beludru pada permukaanwallpaperFlock banyak disukai karena dianggap memiliki kombinasi gaya victoria, retro sekaligus kontemporer.

Kesan beludru membuat warna wallpaper jenis ini berubah-ubah, tergantung pencahayaan dan arah melihatnya. Ini sangat sesuai untuk menciptakan kesan elegan sekaligus mewah.

Foils

Jika Anda menyukai efek mengkilap, foils adalah pilihan tepat. Adapun efek mengkilap tersebut didapat dari foil atau kertas timah yang dipakai pada permukaan jenis wallpaper ini.

Pemasangan foils terhitung rumit karena kertasnya tipis dan gampang robek. Untuk hasil maksimal, disarankan untuk menempelkannya di permukaan dinding halus.

Natural fibers

Ini adalah jenis wallpaper yang terbuat dari serat alam, misalnya serat daun, bambu, dan kelapa. Menggunakan wallpaper jenis ini merupakan solusi praktis bagi Anda yang ingin menghadirkan sentuhan natural dalam ruang.

Dengan melihat bahan-bahan yang di gunakan untuk wallpaper dan juga keistimewaan setiap bahan maka sekarang Anda pasti sudah punya gambaran jenis apa yang akan Anda gunakan untuk wallpaper dinding rumah anda.

1